Taman wisata alam Angke ( Hutan Mangrove )

Setelah sekian lama pengen banget kesini, akhirnya sabtu, 26 Maret 2016 kemarin cuss kesini mumpung long weekend. Rencana berangkat jam 7.30 pagi terpaksa ditunda dulu karena hujan. Antara mau berangkat tapi males becek dan kepikiran kalau ga berangkat sekarang kapan lagi? Saya perkirakan bakalan seger banget udaranya karena habis hujan. Untung jam 7 lewat 15 menit ujan udah reda dan langsung siap – siap deh. Perjalanan dari kemayoran sekitar sejam an. Masih mengandalkan waze. Hahaha.. Saat udah di kawasan PIK terpukau dengan jajaran rumah mewah. Waaaaa.. Rumah Segede itu yang punya siapa ya? Kerjaannya apa ya? Yang tinggal berapa orang ya? Bahagia ga ya mereka? Random unimportant questions actually. Oya, kita kesana by motorcycle. Bisa juga kok pakai busway. Dari harmony langsung turun di depan yayasan Tzu Chi, dan tinggal jalan aja ke kawasan hutan mangrove nya. Kata temen dedy sekitar sejam lah dari harmony. Tiket masuknya per orang 25rb. Motor 5rb, mobil 10rb, turis asing 250rb. Setelah loket tiket masuk, disebelah kiri ada masjid yang lumayan bangets buat ngadem

img_20160326_125441.jpg

 

Hati – hati lantai kayunya panas banget kalau siang, soalnya kita lepas sepatu sebelum jembatan. Jadi, tetap pakai kaos kaki biar ndak kepanasan. Nah di belakang, ada beranda nya yang langsung ngadep ke hutan mangrove nya. Ngadem bentar disana habis solat.
Untuk Parkir motor, ada di sebelah kanan sebelum parkiran mobil. Sebelum masuk ke kawasan hutan mangrove akan ada pemeriksaan tiket, dan penitipan barang. Nah kalau kalian bawa kamera selain kamera HP. Maka akan dikenakan charge tambahan sebesar sejuta. Kalau kalian mau prewed kena charge sebesar 1,5 juta. Kata mas Dedy ada tulisan larangan membawa makanan dan minuman dari luar, tapi saya ga baca sih. Sebenernya sangat direkomendasikan untuk bawa makanan. Karena di dalam hanya ada 1 kantin yang harganya lumayan mahal dan kalau pas makan siang rame banget. Udah gitu tempatnya piknikable banget loh. Enak kan makan Snack sambil memandang pantai (?) menikmati angin sepoi-sepoi. Ah saya lupa motoin kantinnya. Ini aja yang ada sih.

 

 

Seriously, tempatnya memang photoable banget. Selain kantin ada juga penjual jagung bakar dan singkong (cuma satu). Ada beberapa spot (narsis) disini. Deretan panggung dengan payung cantik aneka warna seperti ini

img_20160326_094827_1459082374017.jpg

 

Tempat perkemahan seperti ini

 

Atau bangunan abstrak kayak gini

Dan spot hits macam ini

Ada juga wahana pengamatan burung, tapi kita ga bisa naik ke gardu pandangan karena penuh.

 

img_20160326_113339.jpg

Ini jalanan menuju menara pengamatan burung.

Lalu ada sewa boats dan kano juga. Boats berdelapan 400rb, boats berenam 300rb, kano berdua dan perahu dayung buat berempat 100rb. Sayangnya ga ada pelampung sih, saya jadi was was mau naik. Padahal lumayan romantis sih kayaknya. Hahaha. Hutan mangrove ini luas banget, jadi siapin fisik yang kuat untuk menjelajahi tiap jengkal nya ya. Oya kita juga bisa menanam mangrove yang nantinya diberi papan nama kita. Kalau ga salah 500rb apa ya.
Saya punya beberapa tips biar nyampe sana maksimal :
1. Datanglah pagi pagi,
kalau bisa jam 8 sudah sampai sana. Karena semakin siang semakin panas dan semakin ramai. Badan jadi cepat lelah, dan kalau mau narsis tapi banyak orang. Ga nyaman juga kan? Kita harus buru buru karena banyak yang mau antri narsis mungkin? Atau kita ga bisa gaya gila karna malu diliatin mungkin? Lagian kalau pagi, udara juga masih syegerrrr.
2. Sesuai kan kostum kamu.
Karena tempat ini memang photoable banget, jadi banyak orang yang datang kesini dengan dandanan maksimal. Tapi jangan sampai dandananmu malah jadi bahan tontonan dan bikin kamu ga nyaman. Kemarin aja banyak yang pakai heels atau wedges. Padahal jalanan di kawasan hits hutan mangrove ada yang terbuat dari bilah kayu dan bambu. Lha yo kalau hak sepatunya kejepit gimana? Pasti juga bakalan susah jalan. Jadi simpan dulu wedges dan sepatu hak kamu. Lebih nyaman pakai flat shoes yang tahan dan enak buat jalan jauh dengan Medan tanah dan bilah bilah kayu, atau sepatu Kets. Kecuali kalau kamu mau photo prewed atau keperluan poto lain yang harus pakai heels. Tapi yakin deh, tetaplah bawa flat shoes kamu dan pakai heels kamu setelah sampai di tempat tujuan demi keamanan dan kenyamanan.
Ada juga kemarin rombongan nona yang dandanannya menyala kayak mau ke kondangan. Meski niat kamu datang kesini buat poto – poto, ada baiknya redamlah keinginan untuk dandan berlebihan.
Kalau aku lebih nyaman pakai celana fit to body, alias ga gombroh gombroh banget. Apa ya gombroh, emm ya yang longgar gt. Kalau kamu mau pakai gamis atau rok, usahakan gamis atau rok kamu itu kibarannya bisa kamu handle, jangan sampai ngglesor di lantai, karna bakalan kotor banget dengan Medan seperti itu. Sekali lagi tips ini mungkin ga berlaku buat kalian yang mau prewed.
3. Bawa air putih. Minimal supaya kamu ga dehidrasi di tengah narsis.
4. Sunglasses bakal membantu penampilanmu dan melindungi matamu dari terik matahari.
5. Sarapan, kantin baru ada makanan berat setelah jam 12 siang loh.
6. Kalau kamu ingin poto poto dan kamu bersama pasangan. Bawa seorang lagi buat motoin kalian. Atau double date, triple date biar bisa gantian motoin.
7. Sebelum eksekusi, Baca referensi dari blog orang akan membantu mu untuk menjelajah lebih maksimal.
8. Bawa makanan untuk kamu nikmati di sela jalan jalan mu.
9. Buang sampah di tempatnya dan jangan Corat coret!
10. Kalau kamu tipe takut gosong, pakai sunblock dan bawa payung atau topi.
11. Ada saatnya puasin hasrat narsis kamu, lalu simpan gadget mu dan nikmati yang telah alam sajikan untukmu.
12. Jangan lupa solat buat yang muslim.

img_20160326_113813.jpg

 

Jalan menuju ke pantai. Tapi pantai tanpa pasir. Hehe

Pemandangan dari gardu pandang.

Sumber poto : pribadi
Kamera : Xiaomi 2
Editor : via Instagram, path, xiaomi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s