Pasca operasi Gigi Impaksi

Post sebelumnya saya udah ceritain tentang operasi gigi impaksi kaninus kanan atas, yang nyempil di bawah sinus maksila kanan. Ohya, saya belum cerita rasanya ya.. Karna waktu itu bius total, saya ga sadar dan ga tau bagaimana proses operasinya. Lalu, begitu sadar, beruntunglah saya ga ada drama nyeri hebat, atau ngilu hebat atau semacamnya. Hanya saja memang tidak bisa bicara dengan bebas, membuka mulut lebar – lebar, apalagi ketawa haha hihi, buat senyum aja sakitnya serasa ditarik tarzan. Ini perumpamaan apa sih.. Bengkak tetep ada sih, rasanya bibir jadi syeksih tebal getooo..
Hari senin,4/1/2016 saya operasi, lalu selasanya pulang, ternyata..
Nah kan dikasih obat tuh. Ada amoxicilin 500mg, meloxicam dan ibuprofen buat anti nyeri. Dan saya alergi, entah yang mana. Dugaan awal sih amoxicilin. Yaudah, saya hentikan semuanya. Eh malamnya saya demam, badan panas ngilu tapi rasanya dingin ga karuan, padahal mama aja ngrasa kepanasan, saya sampai pakai kaos kaki, celana panjang, sarung tangan, selimut tebal. Walau akhirnya bisa tidur tapi jam 1 malam kebangun dengan badan makin ga karuan rasanya, akhirnya nyemil brownies dan minum ibuprofen dan meloxicam, tapi kok rada2 gatel yaa..ini gara2 meloxicam n ibuprofen atau sisa alergi tadi sore. Bodo ah, yang penting demam ilang dan bisa tidur. Paginya bangun udah segeran, rencananya hari ini mau ke dokter, karena kemarin alergi. Eh tapi ternyata hari ini dokternya lagi cuti. Yawes akhirnya nunggu besok aja. sekalian pas jadwal kontrol. Ternyata sorenya saya demam lagi, minum ibuprofen lagi.
Toret toret tobreng akhirnya kontrol di hari kamis, masih irit ngomong si dokternya, lalu saya ceritain kalau kemarin saya alergi obat dok, jadi saya udah ga minum lagi amoxicilin, ibuprofen, meloxicam. Lalu sama dokter saya dikasih cefadroxil 500mg 6 biji dan paracetamol 500mg. Malam sebelumnya saya minta tolong mas dedy buat nelponin klinik langganan saya di jakarta, nanyain riwayat antibiotik saya. Dan dari situ saya bilang ke dokter kusuma kalau saya pernah minum cefadroxil dan ga ada masalah. Guys, catat riwayat obat mu. Dokter kusuma juga nyaranin buat ngompres yang bengkak dengan air hangat.
Selesai syudah.. Pulang – pulang saya langsung kompres pakai air hangat. Awalnya sih, kain yang dicelupin ke air hangat, ntah kenapa tiba2 punya ide pakai botol bekas obat batuk yang kecil diisi air hangat.
Malamnya pas mau tidur saya bersin beberapa kali sampai akhirnya meler berat. Karena kalau mau dikeluarin lewat hidung (disisi) sakit, yawes saya telen telen aja terus, lha mau dikeluarin lewat mulut juga susah. Sampai satu jam kemudian rasane ingus udah habis, lalu tidur.
Jumat Pagi hari, saya seperti mampet gt hidungnya, lalu saya keluarin lendirnya lewat mulut, lhah kok ada darah kentel yang mendominasi lendir, bisa dikatakan bukan lendir, tapi darah kentel aja. Saya kan panik yah.. Jangan – jangan sinus saya bermasalah lagi, hadohhh.. Curhat ke mama, mama bilang udah gapapa paling itu bekas operasi, besok diliat dulu. Ternyata itu berlangsung sampai hari senin, jadwal kontrol saya selanjutnya. Saya curhat ke dokter dan katanya memang darah bekas operasi. Dan tiba-tiba saya juga lepas jahitan hari itu juga. Mulut saya dibuka, ditahan sama perawatnya lalu kres kres dokter menggunting benang dan mengambilnya. Ngeri ngeri sedap..
Udah lumayan lebih enakan sih, cuma tetep senyum dan ketawa masih sakit. Duh, semoga ga berlangsung lama. Oya, semuanya benar – benar gratis tis tis. Tapi ya itu, pasien BPJS harus sabar luar biasa.. Banyak antrinya cuy. Wassalam, hargai waktu sehatmu sebelum datang waktu sakitmu.

Leave a Reply

