My First time, Ke Thailand

Bagi kamu yang baru pertama kali ke luar negri, saya mau bagi pengalaman saya waktu duluuu banget pertama kali ke luar negri, ya.. sekitar 1 tahun lalu, waktu itu ke Thailand, dapat gretongan acara science camp di distrik Nakhon Ratchasima, sekitar 3-4 jam perjalanan darat dengan van. Apa aja sih yang harus disiapkan?

Yang pertama jelas Paspor dong ya.. Cara membuat paspor via online pernah saya ceritakan disini. Kalau paspor kamu udah jadi, fotocopi 2 buah, buat jaga – jaga kalau di luar negri kamu kehilangan paspor kamu, hal ini tentu ga diarepin banget yaaa.. tapi namanya musibah kan datangnya ga pernah dijemput, macam…. Hihi.. nah 1 buah ditaruh di tas koper, 1 buah di ransel, dan paspor asli kamu kamu taruh di tas kecil yang mobile, atau tas pinggang kamu. Kalau saya dulu bawa 3 tas sih. Tas kecil 1, tas punggung 1 dan tas koper 1. Tas koper berisi peralatan mandi, peralatan make up dan baju yang ga akan dibongkar muat sepanjang perjalanan. Tas punggung berisi mukenah kain tipis untuk selimut di pesawat dan Roti serta Botol minum *yang perlu diingat, pelajari ketentuan kabin beberapa maskapai penerbangan. Ada yang melarang membawa makanan dan minuman maupun botol cairan, pasta, krim apapun diatas 100 ml. kejadian ini sempat saya alami waktu pulang dari bandara Don Mueang (DMK) Thailand ke Soekarno Hatta (CGK) Jakarta. Waktu di bandara DMK botol minuman milik saya dan Hand Body Lotion milik teman saya disita petugas. Namun di bandara CGK, Aqua 600 ml lolos2 aja tuh. Hehe.. dan Tas kecil berisi dompet yang ada KTP Nya,kenapa harus ada KTP? Nah akan saya jelasin dibawah ya, isi juga dengan paspor asli dan HP. Kok bawa Banyak tas? Namanya juga baru pertama kali, masih rada – rada ga paham ya.. kali aja kalau kedua, tiga empat cuma bakal bawa 2 tas aja.

Setelah peralatan tempur siap, atau bisa sambil nyiapin peralatan tempur, jangan lupa pesan tiket pesawat ya. Lihat barang yang akan kamu taruh di bagasi, lalu sesuaikan. Jangan sampai barang kamu melebihi bagasi yang diberikan, karena harga pembelian bagasi waktu Check in bisa 2X lipat. Kan uangnya lumayan buat beli oleh – oleh bo’. Kalau penerbanganmu jam rawan lapar, sebaiknya kamu pesan makanan pre order dari maskapai. Karena beli makanan diatas pesawat tanpa pre order maupun beli makanan di bandara itu mahal. Jadi makanlah sebelumnya, kalau ketentuan bandara yang ga terlalu ketat kaya bandara CGK sih kamu bisa bawa makanan di tas kamu. Tapi kalau peraturannya ketat, ya wasalam deh. Nah waktu dulu kan pembelian tiket belum termasuk airport tax ya, jadi siapkan uang untuk pembayaran airport tax di counter check in. kalau sekarang sih airport tax udah termasuk dalam harga tiket.

Everything is ready… Let’s Go!!!!

Estimasikan waktumu untuk sampai di bandara adalah minimal 2 jam sebelum keberangkatanmu. Jadi misal nih jarak tempuh dari rumahmu ke bandara 1 jam. Pesawatmu akan tinggal landas jam 9 pagi, maka, ada baiknya jam 6 kamu sudah berangkat dari rumah. Kalau kamu berangkat dari bandara besar macam CGK, pastikan di terminal mana kamu akan berangkat, hal tersebut bisa diliat ditiket. Dan turunlah di depan terminal keberangkatanmu. Misalnya dapat terminal 2, ya turun di terminal 2, jangan di terminal 3 ya.. bisa rempong kamu. Hehe.. Setelah sampai di bandara, tunjukan tiket penerbanganmu atau e-tiket kamu ke petugas untuk masuk ke dalam bandara, akan ada pengecekan barang bawaan di pintu masuk. Taruh semua barangmu diatas roller mesin dan letakkan logam yang melekat di badanmu ke dalam baskom kecil yang disediakan, lalu letakkan diatas roller mesin. Disini kewaspadaan masih diperlukan, sedikit curhat ya, saya hampir saja kehilangan laptop dan tas berisi dokumen penting di bandara karena tas saya tertukar dengan penumpang lainnya. Wahhh rasanya bener – bener ga karuan deh, pengen nangissss… tapi malu.. untung aja bapaknya yang ga sengaja salah ambil tas langsung balikin ke saya. Jadi awasin dulu barang – barang pribadi kamu dulu, baru kalau bisa awasi juga barang – barang teman kamu. Saling menjaga lah pokoknya.

Setelah lolos dari pengecekan barang, Jangan lupa juga untuk mencetak boarding pass kamu sebelum masuk ke counter check in. mesin boarding pass biasanya ada sebelum pintu masuk atau di sekitar ruangan untuk check in. kalau sekarang, kayaknya udah langsung dicetakin oleh petugas check in deh. Setelah itu pergi ke counter check in, serahkan tiket ataupun kode booking kamu atau boarding pass kamu dan KTP atau kartu identitas lain yang tertera di tiket ke petugas check in, barang yang akan kamu masukan ke bagasi diletakkan diatas roller disamping petugas check in, yang nantinya akan ditimbang dan ditandai dengan stiker, nah kalau kelebihan berat, kamu harus beli bagasi lagi atau bongkar muatan dulu. Hehe.. oya, kalau kamu beli tiket di travel agent macam traveloka, dll.. maka tempat dudukmu akan dipilihin oleh petugas check in, bisa Request kok, asal ketersediaan tempat masih ada. Paling enak sih pas Hot Seat, yaitu kursi deretan pertama dan kedua lalu deretan ke berapa lagi di tengah pesawat gitu, kalau Hot Seat kadang ada biaya tambahan lagi. Favorit saya sih 19/ 20 A/F. KODE A/F menandakan tempat duduk di dekat jendela. Setelah semuanya selesai, petugas akan menyerahkan kembali tiket dan boarding pass yang telah ditandai dengan kartu bagasi dan menunjukan di terminal mana kamu harus menunggu

Setelah itu jalan menuju ruang tunggu, sebelum masuk ruang tunggu akan ada pengecekan boarding pass dan kartu identitas penumpang, serta pengecekan barang sekali lagi. Tetep waspada ya…

Setelah itu kamu bisa duduk santai di ruang tunggu sambil nunggu panggilan untuk masuk ke dalam pesawat. Jangan sampai ga ngeh ya saat ada panggilan buat penumpang. Bisa jadi ketinggalan pesawat. Hihihi… saat akan masuk ke pesawat, karna ini tujuan ke luar negri, maka aka nada pemeriksaan paspor di bagian imigrasi bandara. Paspor kamu akan diberi stempel, pastikan kamu dapat stempel ya, supaya ga bermasalah nantinya, sampai disini dulu ceritanya. Cerita diatas pesawat akan saya lanjutkan di postingan selanjutnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s