Ngurus perpanjangan sim di Polres Klaten

Hoahemmm… Rasanya pagi ini masih ngantuk banget. Tapi si mama udah bawel sayang ngebangunin buat mandi. “Ayo, kamu kan mau bikin sim. Mama juga mau pijit. Jam 7 udah harus berangkat” ah mama… Ini masih setengah 7..
Akhirnya, karna ga tahan dipanggil terus. Langsung cus bangun.
Setelah nganter mama ke tukang pijit. Diriku langsung meluncur ke polres klaten.
Syarat perpanjangan sim baru ini nih
1. Fotocopy SIM lama dan ktp rangkap.
Yang ini aku fotocopy aja di koperasi polres klaten, 2000 rupiah udah plus map.
2. Surat keterangan sehat dari dokter. Nah ini biasanya orang2 di lingkungan polres klaten nyaranin buat ambil surat kesehatan di depan polres klaten. Antrinya jooooo… Banyak banget, kita ngumpul berkas dan nanti akan dipanggil.
Fyi saya k polres jam 7 dan antrian dokter baru dibuka jam 8. Tapi blm dibuka aja antrinya udah buanyak banget. Begitu nama kita dipanggil kita masuk n ngadep mbak – mbak resepsionisnya lalu diminta bayar 25rb. Jangan dibayangin kaya praktek dokter pada umumnya yee.. Stetoskop pun tak nampak. Yang ada hanya 5 helai kertas buat tes buta warna ajah. Paling si dokter cuma nanya mau bikin sim apa. Setelah itu rek urek urek. Surat kesehatannya jadi deh. Hmppffff..
Setelah itu kita disuruh ke loket 1. Nah waktu jalan dari praktek dokternya ke loket 1. Kadang ada ibu – ibu kaya pegawai jasa laminating yang manggil. Entah mau ngapain. Tapi abaikan saja. Saya curiganya dia cuma mau nambah – nambahin biaya ga penting. Setelah di loket 1, berkas kita diperiksa dan kita disuruh bayar 2rb rupiah yang ternyata adalah iuran untuk pmi. Lalu diarahkan ke kounter bank bri buat bayar perpanjangan sim. 75 ribu kalau ga salah. Setelah itu berkas yang berisi fotocopy sim n ktp, surat kesehatan dan bukti pembayaran dari bank, kita serahkan ke loket 2. Lalu nunggu nama kita dipanggil buat ambil antrian pas foto di loket 3, setelah ambil no antrian. Kita nunggu no antrian kita dipanggil untuk pas foto. Selesai pas foto, tanda tangan dan sidik jari, kita nunggu nama kita dipanggil untuk ambil sim baru kita. Prosesnya cepat dan mudah. Total semua biaya 104 rb.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s