Pikiran pria saat wanita mengeluh sakit saat mens

Saya tidak tau apa yang ada di benak laki – laki saat wanitanya, entah itu pacar atau istrinya atau adeknya atau te te em nya atau sekedar temen tapi pehape nya mengeluhkan sakit yang luar biasa dibagian perut saat menstruasi.

amidiaelle-blogspot

Sebenarnya sakit saat menstruasi biasa. Karena di dalam rahim sedang terjadi peluruhan dinding rahim yang tidak terpakai karena tidak terjadi pembuahan. Yang namanya tembok biologi dihancurkan, ya pasti sakit. Hanya kadar sakitnya saja yang membedakan wajar dan tidaknya. Tapi makin tua saya merasakan sakit yang semakin lebih dari biasanya, please ya.. umur boleh nambah, tapi tolong sakit pas mens itu jangan nambah juga ya? Ya? ya? Dulu di awal dapat mens (SMP) bahkan saya sampai sakit panas, badan ga enak selama semingguan, karena itu pas UTS, akibatnya ranking saya meluncur indah, dari juara 1 umum (nilai tertinggi diantara 5 kelas) *TEPUK TANGAN* menjadi juara 11 di kelas. Saya sama sekali ga bisa belajar, kepala kliengan, badan pegel semua, nafsu makan ilang. Tapi setelah itu ga pernah lagi sakit pas mens, hanya pas kelas 3 sempet perut tuh kaya diremes dipelintir sekuat raksasa. Tapi itu cuma sehari dan udah. Sma pun lancer jaya, lalu pas kuliah mulai deh tiap mau mens pasti sakit dulu, biasanya demam. Sempat ada masanya kalau mau mens itu ga butuh demam atau badan serasa digebukin masa atau kepala seperti ditoel bola besi yang beratnya ton – ton an. Tapi rasa sakit perutnya yang diremes tetep ada. Kali semacam ada tekanan yang luar biasa. Apalagi kalau batuk atau bersin atau pas ngeden, duh itu to the max banget tekanannya.
Menurut artikel di https://id-id.facebook.com/notes/100-persen-wanita/sakit-saat-haid-bagaimana-cara-menanggulanginya-oleh-dr-hygiene-kumala-sari/392034850860164
Nyeri haid dapat terjadi karena adanya hormone prostaglandin yang melakukan KDRT (Kekerasan dalam Rongga Tubuh) yang menyebabkan dinding rahim beraksi, nah ini nih, membuat pembuluh darah di sekitarnya terjepit. Konon nih, preman prostaglandin ini muter ke seluruh tubuh, jadi itulah mengapa terjadi linu linu yang lain *sakitnya tuh disini* biasanya linunya itu 2 hari sebelum dan 2 hari sesudah mens..duh ini peramal ya penulisnya? Bener banget!
Rada ngerinya nih, kata penulisnya kalau nyeri yang dialami wanita2 dewasa diatas 20 tahun, termasuk saya. 20 tahun 36 bulan, nyerinya itu disebut nyeri sekunder. Dikhawatirkan ada kelainan seperti :
 endometriosis
 sindroma Allen
 mosters
 sindroma kongesti pelvis
 kista ovari dan tumor
 penyakit infeksi panggul
 adenomyosis
 myoma uteri
 polip uteri
 sindroma asherman
 kelainan kongenital
 alat kontrasepsi intra uterin
 stenosis dan sumbatan vagina
 dll
Apa itu? Saya Cuma sempat baca sekilas tentang endometriosis, yaitu timbulnya flek yang berada di luar rahim, yang bisa jadi tumor. *nglungkrut* semoga semua baik – baik saja.
Cara mengatasinya pie bu?
1. Olahraga ringan saat haid, umm.. *cari sarapan pagi* itu jalan 3 menit dan turun 10 anak tangga bolak balik. Olahraga ringan kan ya?.
2. Hindari konsumsi alkohol, kopi, dan juga coklat karena dapat meningkatkan kadar estrogen yang nantinya dapat memicu lepasnya prostaglandin. Hindari juga makanan bersuhu dingin misalnya es krim. *ada yang mau reese’s chocolate peanut butter? Saya ada banyak dari bos nih.*
3. Konsumsi vitamin E, vitamin B6, atau minyak ikan.
4. Konsumsi sayuran dan buah-buahan serta makanan rendah lemak. *Tadi pagi makan buah, dan siangnya makan soto mie, lumayan ada kol nya* ga ngefek kayaknya
5. Baca di lain artikel katanya jangan orgasme saat haid. Karena dapat menyebabkan endometriosis. *Ummmm… mungkin ini adalah kenapa saat haid dilarang berhubungan suami istri* calon suamiku baca yahhhh…
Penanganan pertama sakit hati haid gimana jeng?
 Kompres dengan botol panas (hangat) tepat pada bagian yang terasa kram (bisa di perut atau pinggang bagian belakang) *adanya gallon, gimana dong?
 Mandi air hangat, boleh juga menggunakan aroma terapi untuk menenangkan diri *apalagi abis dipijat*
 Minum minuman hangat yang mengandung kalsium tinggi *susu?*
 Mengosok-gosok perut/pinggang yang sakit *mauuu…*
 Ambil posisi menungging sehingga rahim tergantung ke bawah. Ini bisa membantu relaksasi
 Tarik napas dalam-dalam secara perlahan untuk relaksasi.

Sesuai UUD yang berlaku, kalau terjadi KDRT kita harus melapor pada pihak yang bisa dicurhati berwenang atas KDRT yang terjadi di tubuh saya. Akhirnya ngadu-lah saya, cari perhatian , waktu punya pacar ya ke pacar, waktu jomblo dan ada yang ngedeketin, ya ke admire waktu kosong ya ngadu ke tembok. Entah apa yang ada di benak pacar atau admire atau tembok yang saya curhatin, men.. ya mereka laki2, saya tau..kecuali tembok, dia absurb, saya paham dan mengerti betul bahwa lelaki belum dan tidak akan pernah merasakan sakitnya menstruasi, mereka merasa sakit saat sunat aja.hihihi… mungkin dalam hati sebagian lelaki bilang, “gw harus ngapain nih?kok curhatnya ke gw sih?mana gw tau, kan gw belom pernah ngrasain mens” mungkin sih, akhirnya saya suvei via bbm *sumpah ini kurang kerjaan bgt, tapi emang lagi ga ada kerjaan sih.* saya Tanya ke mereka seperti ini.
“Hallo Mr. X lg sibuk ga?”
Begitu dia bilang enggak, lanjooot..
“Mau survey buat tulisan.hehe
“Kalo ga keberatan mau Tanya, pernah ada wanita mengeluh sakit perut pas mens ga ke kamu?lalu reaksimu gimana?merasa terganggu ga?”
Rata rata mereka jawab enggak terganggu sih, dan biasanya mereka nawarin bantuan, beliin obat, nyuruh tiduran dan jaga mood ceweknya, karena katanya mood cewek saat mens itu labil banget, kadang tiba2 seneng, sedih, ketawa2 *gila nih* hanya satu yang jawabannya beda.. yaitu dia jawab. “Wah fat ga pernah ada cewek yang ngeluh kaya gt ke gw” *pukpuk*
Catatan ini adalah catatan hari pertama mens saya di bulan November 2014, berasa bersalah ngerecokin pacar saat jam kerja gini. Semoga kamu ga lagi sibuk dan banyak pikiran ya sayang..hehe
Maaf ya lelakiku kalo lagi awal – awal mens gini, gadismu ini sering mengeluh sakit, tiba2 manja merengek minta dipeluk atau apalah. Bahkan ga cukup sekali dalam sehari bisa berkali – kali. Harap maklum dan jangan bosan untuk menanggapinya penuh kasih sayang ya ayang. Walau mungkin menurut kamu it doesn’t work, but for me, your caring give me a bunch of happiness. And happiness is the best cure for any illness.

menstruasi

Leave a Reply

