Ajaibnya Buah, Matang dari Kacamata Sains

Hai hai Jekardah.. duh ketipu lagi nih di jekardah. Pulang kantor, pengen beli mangga. Eh ada tukang buah pakai gerobak di deket kos an.” Mangganya neng, 12.500 aja.” Begitulah si abang nawarin dagangannya. Dalam hati kok kayaknya ragu kalau itu mangga yang manis, kok kayaknya mangganya masih pada muda – muda gitu ya? Dasar udah nafsu, ilang deh logika. “10 rb ya bang?” tawarku. “ wah ga bisa neng. “Kalau boleh saya beli 2 kg” alamak, saya memang lagi keranjingan makan buah, tapi kalau tau mangganya itu muda dan sekecut kecret gini. Ga akan beliiii.. okeee, buat pelajaran aja yaa..

Dari peristiwa itu saya jadi kepikiran. Sebenarnya apa yang terjadi di dalam tubuh buah. Sehingga rasanya yang asam bisa jadi manis? Apakah ada peri yang menabur gula di dalam buah? Hahaha… saking penasarannya, googling lah. Eh browsing dengan kata kunci “proses matang buah” nemu blog bagus tentang perspektif proses pematangan buah secara kimia. http://julhasratman.blogspot.com/2012/04/proses-pematangan-buah-dari-perspektif.html

Nah buah mentah itu identiknya apa aja sih? Masam? Iyaa.. kadang ada yang hambar? Iyaa.. keras? Iyaa.. ijo?iyaa.. ga berbau menggoda?iyaa..

Jadi buah yang masih muda itu mengandung tanin yang menyebabkan buah berasa keset pahit asam gitu dan asam organik yang cukup tinggi, sehingga menyebabkan rasanya jadi asam (jelasss). sementara rasa sepertihambar dikarenakan adanya senyawa amilum . Seiring dengan meningkatnya kematangan buah, maka kadar tanin dan asam organik ini berkurang, selain itu pada proses pematangan terjadi kenaikan kadar gula sederhana yang menyebabkan rasanya jadi manis, nah kalau tekstur buahnya yang keras itu kenapa pat? ini disebabkan oleh adanya senyawa kimia pektin, yakni salah satu nama senyawa polimer heterosakarida (karbohidrat). Trus kalau mangga matang, apalagi harum manis yang udah matang, kenapa baunya bias melambai – lambai yaa? Kalau itu karena kenaikan kadar zat-zat volatile seperti ester pada pisang yang membuat bau nya menjadi harum.hmmm..yummy. kalo ijo jelas karena kloropil ya.. nah kalau buah matang maka kloropilnya itu akan berubah menjadi zat lain, yang menyebabkan warna buah jadi hebring, missal antosianin yang bikin buahnya jadi berwarna merah, lengkapnya sih silahkan klik blog ini http://beautyramissu.wordpress.com/

Tingkat Kematangan Pisang

Nah kadang ada beberapa cara tuh buat meram buah supaya cepet matang, biasanya diperam sama buah yang matang lalu ditutup pakai serbet atau kantong kertas atau bahkan ditimbun beras. Kalau kata blognya mas julhasratman diatas , Gas etilen yang terpancar dari buah matang menginduksi enzim – enzim yang ada pada buah mentah tersebut. Sebagai contoh, ketika seseorang memeram buah mangga mentah di dalam wadah tertutup bersama buah mangga matang. Buah mangga matang akan melepaskan gas etilen sehingga menginduksi enzim di dalam buah mangga mentah. Adanya sinyal dari gas etilen buah mangga matang akan ditransmisikan ke dalam buah mangga mentah sehingga ia memberikan ekspresi berupa terinduksinya enzim-enzim seperti yang disebutkan di atas. Dengan demikian, proses reaksi kimia pematangan buah akan berlangsung segera setelah enzim muncul di dalam buah mentah. Melalui reaksi kimia yang terjadi secara berangsur akan menyebabkan buah menjadi matang. Nah etilen itu kan termasuk gas volatile ya, jadi supaya doski tetap terperangkap dalam keranjang asmara buah, makanya ditutup pakai serbet, kertas, atau ditimbun beras. reaksinya macam ini nih.

buahmentahmatang

diambil dari blognya mas julhasratman diatas

Tapi, buah yang diperam itu harusnya buah yang udah tua, Jadi kalau memang mangganya itu belum tua (mature) yaa mau disimpan dan diperam bagaimanapun tetap rasanya ga manis. Ga berubah, karena proses pematangan pada buah tersebut tidak sempurna.

Bisa jadi karena belum tua benar sudah dipetik dari pohonnya menyebabkan hilangnya tannin dan asam organiknya jadi ga sempurna, boro – boro kenaikan kadar gula. Lah dia aja udah dipisahin dari induknya sebelum matang. siapa yg ngasih gula? *paragraph terakhir ini hanya asal saja pemirsa*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s