Pengalaman dan Pertolongan Pertama Kesiram Air Panas

Duh mimpi apa semalam aku ya? Pagi ini sepertinya cukup menegangkan. Setelah semalam reuni bareng ama kakak kelas waktu kuliah, mulai angkatan tua 2005 sampai angkatan paling muda *diriku* hahaha… paginya jam setengah 7 aku udah mandi, padahal masuk kantor jam 9. Entahlah sedang rajin saja. Setelah itu perut lapar minta diisi, biasanya sih sarapannnya sekalian pas berangkat kantor, kalau ga nasi ama sayur ya sarapan buah. Berhubung kagak nahan laparnya akhirnya beli maem di warung dekat kos, tahu dan kentang balado, ama tempe goreng 2. Setelah itu bikin teh panas. Ladilalah… gelas teh panasnya itu tiba tiba jatuh dan air panasnya tumpah ke kaki kiri aku. Alamak slenget lah panasnya… segera saja aku cuci kakiku pake air bak. Tapi masih panas, terus aku kasih minyak tawon ga ngefek juga. Aku googling. Nah beberapa saran yang aku dapat :

  1. Siram kulit yang terkena luka bakar dengan air dingin mengalir selama 10 menit sampai rasa perihnya hilang.
  2. Rendam dengan air susu selama 15 menit atau kompres dengan waslap yang dibasahi dengan air susu. Karena Lemak yang terdapat dalam susu akan menyejukan daerah yang terbakar dan mempercepat penyembuhan. Yang ini ga aku lakukan. *anak kos, mana ada susu*
  3. Jangan diolesi pasta gigi karena jika dioleskan pada kulit yang terkena luka bakar, pori-pori kulit akan tertutup pasta gigi itu. Saat diobati, paramedis di rumah sakit akan kesulitan untuk membersihkan luka, guna mencegah infeksi.
  4. Cairan lidah buaya juga bisa mempercepat penyembuhan luka bakar dan meredakan nyeri dengan rasanya yang dingin. Madu juga bisa digunakan. kemarin di kos ada madu sih, tapi tau tips ini setelah browsing di kantor

Jadi aku kompres aja pakai air bak, sambil beres beres bekas tumpahan teh tadi. Yaa akhirnya pas berangkat kantor, saya beli bioplacenton di apotek Patra Sehat yang lumayan mahal bingit. Ditulis di kemasannya itu het 16.900. Di Patra Sehat harganya malah 17.500.

Untung aja tumpahnya di tikar, alhasil pagi – pagi saya nyuci tikar dan kain pel yang saya pake untuk mengambil air teh dari atas tikar. Untung tikarnya anti tembus air. Jadi ga perlu ngepel kamar juga. Kalau sampai ngepel juga berabe lah.hahaha

Duh buat pelajaran aja deh ya, lain kali harus bisa lebih ati – ati.

IMG_20140925_090545

Sumber : Dokumen Pribadi

nih sedikit review Bioplacenton dari http://www.dechacare.com/Bioplacenton-P720.html

Indikasi:
Luka bakar, tukak kronik, penyembuhan lambat dari luka, tukak dekubital, ekzem pyoderma, impetigo, furunkulosis dan infeksi kulit lainnya.
Kontra Indikasi:
N/A
Komposisi:
Bioplacenton 10%
Neomycin sulfate 0.5%
Jelly base q.s.
Cara Pemakaian:
Oleskan 4 – 6 kali sehari secara tipis pada kulit yang terinfeksi.
Jenis: Jeli
Produsen: PT Kalbe Farma
sedangkan menurut https://m.facebook.com/notes/bioplacenton-gel/kegunaan-bioplacenton/120314298107534/
Cara Kerja BIOPLACENTON pada luka :
Kulit secara utuh mengandung pembuluh darah, persarafan, sel kulit dalam berbagai lapisan serta organ pelengkapnya seperti rambut,kelenjar keringat dll. Pada saat luka terjadi kerusakan bagian-bagian kulit tersebut sehingga kulit tidak dapat berfungsi dengan baik. 
BIOPLACENTON mengandung ekstrak plasenta yang merupakan zat yang merangsang pertumbuhan jaringan kulit. Dimana disaat luka, terjadi kerusakan jaringan kulit.

Ekstrak Placenta dapat membantu mempercepat penyembuhan jaringan kulit yg rusak dengan cara merangsang pertumbuhan sehingga kulit dapat kembali berfungsi dengan normal dan kembali seperti sedia kala. Selain itu ekstrak placenta berperan sebagai pelindung luka selama masa penyembuhan, karean membentuk lapisan tipis yg dapat menutup luka sehingga luka tertutup/terhindar dari kotoran yg bisa menginfeksi luka.

Selain itu BIOPLACENTON juga mengandung Neomycin Sulfate. Neomycin Sulfate merupakan antibiotik golongan aminoglikosida yang bisa mengatasi dan mencegah terjadinya infeksi pada luka. Neomycin terbukti efektif terhadap kuman gram positif dan gram negatif yang biasanya terdapat pada kulit. Dengan mengatasi infeksi dan mencegah nya maka penyembuhan luka lebih cepat dan pertumbuhan jaringan kulit lebih baik.

BIOPLACENTON dikemas dalam bentuk Jelly sehingga mudah dibersihkan dan mudah diserap kulit. Jelly juga bersifat mendinginkan yg merupakan efek yg sangat baik untuk mengurangi nyeri pada luka terutama nyeri akibat luka bakar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s