Berbicara Tentang Hobi Memasakku

Berbicara tentang hobi memasakku, sejak kepindahanku ke jekardah (read:Jakarta) otomatis ga ada lagi acara masak – memasak sampai hari ini. Kenapa? Karena aku ga bawa peralatan memasak.haha…okay, sebenarnya bukan itu masalah utamanya, masalah utama dan tak tergantikan. Haha.. *apasih* bapak kosku tidak memperbolehkan ada kegiatan masak memasak bagi anak kosnya. Bapak kos aku itu superb banget bersihnya. Bikin aku nyaman dalam sudut pandang bersihnya. Tapi ga bikin nyamannya adalah karena bapak kos ku inspeksi 3 kali sehari *minimal* ini yang bikin rikuh, masalahnya karena itu kos wanita ya saya pakai baju sesuka saya, apalagi Jakarta panas cinnn.. pernah 2 kali kepergok *duh bahasanya ngeri banget* ralat, maksudnya ketemu ama bapak kos saat diriku baru saja keluar dari kamar mandi dengan pakaian yang ummm rada sexy. -.-‘ sejak saat itu aku jadi niteni *menghapal* jadwal inspeksi bapak kos, jadi pas jam itu aku ga keluar kamar, atau kalaupun keluar kamar, pakai pakaian yang ga sexy. Eh kok malah jadi curhat tentang bapak kos ya?kan mau curhat tentang hobi aku.

Aku mau cerita sebentar tentang dukungan mama terhadap hobi saya ini. Duluuu…duluuu banget aku memang udah suka eksperimen di dapur. Sejak SD, suka bantuin simbah putri masak. Kadang masak sendiri. Dulu sih ya karena belum kenal internet biasanya resep saya dapat dari majalah atau Tanya ke sodara ato tetangga. Pernah juga aku jajan dan lalu tebak2 aja bumbunya.hahaha.. tapi berhasil loh pemirsa. Aku ingat banget tuh pertamanya praktekin masakan yang ada di buku resep dan….. gagal. Bikin sop bola – bola tahu tapi rasanya ga karuan, hambar iya, pedes merica,banget .. yah gitulah. Tapi dari pengalaman itu aku belajar bahwa takaran di resep hanya jadi acuan saja bukan pathokan, sekalipun ada label telah diujicoba. Selera orang kan beda – beda, lagipula misal nih 1sdm, nah ketinggian zatnya dalam sendok juga bisa beda loh, belum lagi sendok yang dipakai ga sama, mungkin saja tingkat kelengkungannya berbeda. Bisa jadi *alasan* hihi.. begitulah pemirsa

Waktu SMP hobi aku meningkat tapi mama rada nglarang, apalagi bikin yang aneh – aneh dengan bumbu aneh – aneh. Sebenarnya bumbunya ga aneh juga sih, masakannya juga ga aneh. Hanya…. Waktu itu aku masih tinggal di desa bareng simbah, jadi ya ga biasa gitu makan – makanan semacam Chinese food dsb. Dan lagi waktu itu bumbu semacam kecap ikan, saus tiram masih dalam porsi botol gede. Jadi ya sayang banget kalau beli tapi jarang dipakai. Nah masuk SMA hobi aku agak berkurang, masak masih tetep sih tapi ya yang biasa dimasak aja. Kudapan gorengan, sayur yang biasa dimakan di rumah macam sayur sop dsb, juga lauk pauk yang biasa. Ngomong2 soal sop. Kata mama, aku paling jago masak sop. Kakaknya mbah putri juga bilang gitu. Wah jadi ge-er pemirsa.

koki3

sumber : www.zazzle.com

Hobi aku memuncak saat kuliah, kuliah di jogja dekat  toko serba ada dan tinggal terpisah dengan orang tua membuat aku berani beli ini itu, piring macam ini itu, bumbu masak ABCD. Aku sering plating masakan aku. Lalu posting di FB, beberapa teman kos dan teman kuliah selalu happy saat jadi korban tester. Haha.. kata mereka lumayan makan enak gratis *muka anak kos* aku ceritakan hobi ini ke mama. Tiap masak di rumah aku plating juga dan dipoto. Eh respon mama positif, tiap habis masak pasti mama nanya udah dipoto belum? Haha.. alhamdulilah. Hanya menjelang ujian Tugas akhir, rada malas nyatat resep masakan yang aku buat. Hehe.. ya semoga nanti di jekardah ini bisa masak lagi. Aku terbiasa mengekspresikan rasa cinta lewat masakan. Jangan salah, Rasa cinta itu ada macam – macam loh ya, cinta ke ortu, cinta ke teman, cinta ke sahabat, cinta pada orang yang udah baik ke kita, pun cinta pada kekasih atau orang yang punya tempat special di hati, hanya aku yang tau.haha..

Happy cooking , healthy life

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s