Bikin Paspor Lebih Cepat Dengan Paspor Online

Baiklah pagi ini saya akan cerita pengalaman saya membuat paspor, khususnya pembuatan paspor secara online. Hehe.. setelah sebelumnya saya lolos seleksi science camp di Thailand , saya segera saja membuat paspor. Karena banyak hal yang harus saya selesaikan. Terutama Tugas Akhir..mendengar kata itu saya sedikit bergidik.hihihi…Well jangan sampai salah fokus ya..niatan saya ingin cerita pembuatan paspor, bukan lika liku Tugas Akhir.hehe..

IMG_11052014_160110

 

penampakan paspor halaman depan

sumber : dok. pribadi

Apa itu pembuatan paspor secara online?

Jadi itu sebenarnya semacam pendaftaran pembuatan paspor yang biasa dilakukan secara manual dengan cara mengantri panjang di kantor imigrasi (kanim) kelas 1, dipercepat dengan adanya fasilitas online lewat internet.

Apa bedanya dengan pembuatan paspor secara manual?

Bedanya adalah pembuat paspor secara online mendapat antrian yang berbeda dari pembuat paspor manual. Karena mungkin masih sedikit orang yang tau pembuatan paspor secara online, jadi lebih cepat. Prosesnya pun hanya perlu datang 2x. pertama untuk penyerahan berkas, foto dan wawancara. Lalu yang kedua adalah saat pengambilan paspor. Sedangkan pembuatan paspor secara manual, di hari pertama kita menyerahkan berkas, lalu hari berikutnya foto dan wawancara, beberapa hari kemudian barulah mengambil paspor yang sudah jadi. Ada 3X proses.

Apa saja yang harus dilakukan saat akan mendaftar secara online?

Scan dari fotokopi Kartu Keluarga, KTP< Akta/Ijazah/Buku nikah. Kalo dari scan asli, gambarnya dibuat hitam putih dulu ya..max 100 kb. Nih ada petunjuk cara pembuatan paspor secara online yang saya kutipkan dari web kanim. Silahkan klik http://ipass.imigrasi.go.id:8080/xpasinet/faces/InetMenu.jsp lalu pilih petunjuk pengisian layanan paspor online. Nah setelah proses pendaftaran secara online berhasil, maka akan dikirimkan surat ke email kita untuk bukti pembayaran di bank bni terdekat. Bayarnya 255.000 (Mei 2014) plus 5.000 untuk jasa bank. Pada saat daftar Online maka kita akan memilih tempat dan waktu penyerahan berkas. Jadi pada wktu dan tempat yang telah kita tentukan, kita harus dating menyerahkan berkas berkas. Yang perlu dibawa saat itu adalah KK, KTP, Akta/Ijazah/Buku Nikah Asli dan copian masing – masing 1 dan bukti pembayaran bank asli serta bukti pendaftaran online dari email. Kalau di kanim jogja. Kita ambil map kuning di sisi kiri pintu masuk (minta ke pak satpamnya) setelah mendapat map kuning yang didalamnya berisi formulir biodata kita yang harus diisi, selanjutnya kita mengisi formulir tersebut dan memasukan semua berkas yang diperlukan kedalam map kuning dan menyerahkan ke loket 1 dan nunggu giliran kita dipanggil untuk mengambil no antrian untuk foto dan wawancara. Setelah mendapat no antrian kita serahkan bukti pendaftaran online dan no antrian ke loket 4. Dan menunggu giliran kita untuk difoto, diambil sidik jari dan wawancara.

Apa saja pertanyaan wawancara?

Hanya ditanya kemana dan untuk apa. Ya waktu itu saya jawab saja mau ke thailand guna mengikuti science camp..sesudah itu disuruh ttd di kertas pengambilan paspor dan paspornya. Selesai deh..

Saya datang jam 7 pagi di kanim dan kanim baru buka jam 8.hahaha… Kantor tetap dibuka jam 8 dan kita malah diusir satpam gara – gara kantor belum dibuka. Dan selesai jam 10 pagi. Paspor diambil 3 hari kemudian.

2 thoughts on “Bikin Paspor Lebih Cepat Dengan Paspor Online

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s