Synchrothron Science Camp Thailand

Duh bingung nih mau memulai ceritanya darimana, daritadi tulis hapus tulis hapus lagi, macam nulis surat ke pacar saja.hihihi..

Kali ini saya mau berbagi tentang pengalaman saya lolos seleksi Science Camp ke Thailand. gimana ceritanya?

Jadi gini *benerin tempat duduk* akhir Maret tepatnya 24 Maret 2014, saya dapat forward email dari teman grup Tugas Akhir saya, si Mia yang dapat forward an dari bu Maria, pembimbing TA dimana bu Maria dapat forward dari Dr Edy dimana Dr Edy dapat email dari Mr Siriwat seorang peneliti dari Synchrothron Light Research Institute Thailand. Haha panjang banget yah *lupakan*

Isi dari email itu adalah informasi mengenai Science Camp di Thailand. Syaratnya apa? Cukup isi formulir yang bisa diunduh di web nya (http://www.slri.or.th/en/) lalu dikirim ke email panitia beserta scan kartu mahasiswa dan surat rekomendasi. Atau bisa langsung mengisi formulir online. Sebenarnya ada persyaratan bahwa science camp ini hanya untuk mahasiswa tingkat akhir S1, S2 atau S3. Tapi bagi kalian mahasiswa diluar kategori itu kalau berkeinginan untuk ikut coba saja. Adik kelas saya semester 6 ternyata bisa lolos juga. Yang penting kita punya research.

Deadline pendaftarannya 22 April 2014, dan pengumumannya 28 April 2014 lewat web dan surat yang masuk ke email kita. Padahal udah pasrah aja waktu itu, karena saya ga punya scan kartu mahasiswa dan deadline juga udah mepet dengan seabrek kegiatan.hihihi… yasudah saya pakai scan ktp, dan untuk surat rekomendasi saya belum minta ke pembimbing saya. Waktu itu saya mengisi formulir secara online. Karena ga pede, akhirnya saya kirim ulang formulir pendaftaran + scan KTM + surat rekomendasi ke email panitia sambil berharap harap supaya lolos. Buat referensi nih saya kasih liat beberapa pertanyaan krusial dan jawaban saya pada formulir pendaftaran.

Tips 1. Isi dan lengkapi seluruh pertanyaan dengan lengkap dan bahasa formal. Perhatikan EYD dan jangan menyepelekan hal – hal kecil. Bisa jadi itu malah jadi nilai plus kita. Contohnya

Current Status: I’m the 4th year-student in   ¨bachelor  degree In the field of: Nuclear Chemical Enginering  Name of Institute: Polytechnic Institute Of Nuclear Technology Plan to extend your education after graduation (if any)   ¨ in your country ¨ abroad, in the field of Nuclear Enginering in Chulalongkorn University Expected scholarship/scholarship of interest : European Union and DESY International Summer Student Program      Name of your advisor: Maria Christina P. S.ST., M.Eng     Email address: maria***@yahoo.com     Mobile Phone No: +62813xxxxxxx

Karena ini berlangsung di Thailand, sebelum mengisi formulir maka saya searching tentang perkembangan IPTEK Nuklir di negeri gajah putih itu, mencari tau tentang Synchrothron dan SLRI lewat internet.hehe..kebetulan juga saya punya teman FB yang mendapatkan beasiswa kenukliran di Thailand. Jadi untuk mengisi formulir ini saya juga minta pertimbangan dan koreksi dari beliau. Semisal pertanyaan tentang “Plan to extend your education after graduation” saya pengen lanjut S2 di bidang kenukliran cuman masih bingung dimana. Oleh beliau disarankan ke Culalongkorn University Thailand. Hehe.. ibaratnya ini tuh seperti mengarahkan pikiran panitia secara tidak langsung supaya mereka berpikir “wah ini sekalian promosi Thailand dan institusi pendidikan ke kandidat ini, apalagi dia udah ada pikiran mau nerusin di Thailand, jadi supaya peserta ini lebih mantap memilih Thailand okelah saya loloskan dia sebagai peserta.” Tapi bukan ini juga satu – satunya alasan saya menulis Culalongkorn University. Seperti yang sudah saya tuliskan diatas, saya pengen lanjut S2 di bidang kenukliran cuman masih bingung dimana. Jadi ini bisa jadi salah satu referensi saya untuk pendidikan S2 nanti. Saya sempat searching juga tentang universitas tersebut, dan kelihatannya cukup mumpuni. Untuk beasiswa yang diinginkan yaitu European Union sebenarnya itu juga atas referensi dari beliau, sedangkan DESY itu adalah beasiswa summer ke eropa yang nantinya juga akan ada sesi talkshownya pas waktu science camp.

2. ditanyain juga tentang beasiswa atau pelatihan apa saja yang pernah didapat, kapan, dimana, sumber pendanaan, Jadi mulai dari sekarang bisa tuh dimanfaatkan buat ikut pelatihan ataupun berburu beasiswa. Semakin banyak kita ikut pelatihan ataupun kita dapat beasiswa dari yayasan yang bergengsi semacam tanoto atau sampoerna foundation dll, maka akan lebih bagus lah track record kita, ga Cuma buat apply science camp ini. Tapi juga berguna untuk membuat CV kita makin berbobot.

3. kalau yang ini pertanyaan tentang research kita. Alhamdulilahnya pada TA saya menggunakan analisis dengan XRF, XRD, FTIR dan SANS. Lalu apa hubungannya dengan lolosnya saya di science camp ini? Ada.. di akhir formulir, kita disuruh milih untuk mengambil grup discussion dengan materi apa, ada macem macem kayak gini nih.

Vacuum Technology (Vacuum) 2 X-ray Fluorescence (XRF)
1 X-ray Scattering (SAXS) X-ray Absorption Spectroscopy (XAS)
PES and thin film deposition & LEEM & PEEM 3 FTIR Microspectroscopy and Imaging (IR)
SUT-NANOTEC-SLRI Protein Crystallography
Time Resolved XAS (TRXAS) Magnet
Micromachining (DXL)

Jadi menurut hipotesis saya *ceileh* saya bisa terpilih karena research saya ada hubungannya dengan materi yang akan dibahas disana. Jadi usahakan research kalian bisa memakai teknik analisis diatas. Ini jawaban saya untuk pertanyaan penelitian apa yang sedang saya lakukan.

Please briefly describe your recent research works (not more than 250 words)

My Research is about radiosynovectomy treatment for rheumatoid arthritis using M41S – NH2 Re-186. Rheumatoid arthritis (RA) is an autoimmune disease that results in a chronic,systemic inflammatory disorder that may affect many tissues and organs, but principally attacks flexible (synovial) joints. Radiosynovectomy is intra-articular injection of beta-emitting radionuclide in colloidal or particulate form, which comes into contact with synovium. The purpose of this research is to synthesize particulate nanomaterial for use as a carrier M41S Re-186 radionuclides in radiosynovectomy therapy in rheumatoid arthritis cases. Raw materials to be used as a source of silica in this research is biomass such as rice husk ash or sewage sludge geothermal. M41S and M41S -NH2 characterized by XRD, SEM, FTIR, BET Surface Area Analyzer, and Small Angle Neutron Scattering. As a newly discovered compound, radiopharmaceutical M41S – NH2 Re-186 should be tested first with a series of pharmacological tests on separate organs as well as in animals (pre-clinical trials). At this stage of experimental animals is prepared, rats or rabbits are injected with saline particulate M41S-NH2/Re-188 in biological route of administration or intra-articullar subcutanous with variations in dose and particle size.

4. nah untuk pertanyaan yang terakhir adalah hasil apa yang anda harapkan setelah mengikuti science camp ini. Untuk pertanyaan yang satu ini. Usahakan jawabanmu jangan terlalu individualis ya. Harapannya ilmu dan pengalaman yang kamu dapat nantinya dapat berkontribusi untuk institusi atau dibagi ke teman – temanmu dan mungkin juga kamu bisa menjalin kerjasama dengan peneliti – peneliti disana untuk kemajuan IPTEK Nuklir. Ini contoh jawaban saya.

Please briefly describe your expected outcomes from this camp (not more than 250 words)

I am a student of Nuclear Chemistry Enginering, my research field interacts with nuclear technology instruments such as xrd, SEM, FTIR, BET Surface Area Analyzer, and Small Angle Neutron Scattering. Synchotron is new for me, but based on scientific literature that I have read, its such kind of accelarated electrons for many uses, such us nanomaterial study and medicine. My expectation by joint this course is for gaining very usefull knowledge and information related to synchrotron technology, accelerating my skill and capability towards interacting with synchrotron facility and experts, and opening my mind by communicating with others student and people from other countries that have same interest in nuclear sciences. At last, sharing information about my own research and what our institution have done, in my point of view, will contribute significantly for this event..

Itu beberapa tips hasil hipotesis saya ya…hehe

Lalu, maghrib – maghrib tanggal 28 April 2014 ada sms dari Tri, teman TA saya, yang nanyain apakah saya dapat email dari panitia Science Camp SLRI. Saya bilang aja iya, karena setelah pendaftaran online itu langsung dapat email konfirmasi dari panitia bahwa pendaftaran saya berhasil.saya piker email yang dimaksud dia ya yang itu. Tapi kok saya penasaran ya.. Iseng saya cek email dan taraaaa… sedikit tidak percaya begitu buka email lewat hp muncul email seperti ini.

Gambar

Gambar

Alhamdulilah… langsung aja kabari mama, lalu bales sms Tri dan bu Maria yang nanyain apakah saya lolos science camp. Tak lama kemudian buka web dari science camp. Lihat list peserta yang lolos ke science camp siapa aja nih.. ternyata dari kampus saya, STTN BATAN, ada 4 0rang yang lolos dan 1 cadangan. Yaitu saya, Tri Wahyu, Mia dari semester 8 dan Risha dari semester 6. Kita semua 1 jurusan, Teknokimia Nuklir, dan 1 Cadangan, Miki dari prodi Elektro Mekanik semester 8.

Karena Mia dan Risha sudah punya paspor, jadilah saya dan Tri berencana membuat paspor dan berburu informasi tentang pembuatan paspor. Saran dari mia kita bikin paspor secara online saja.. lebih cepat, maka saya berburu di mbah google cara cara pembuatan paspor secara online. Cerita pembuatan paspor online saya ceritakan di poostingan selanjutnya ya.. sekalian contoh surat rekomendasi dalam bahasa inggris,

Leave a Reply

