15 salad ala Indonesia

Apa yang anda pikirkan ketika pertama kali mendengar kata “salad” ? kalau saya yang jelas adalah sayuran maupun buah buahan segar dan pastinya sangat sehat. Mungkin juga ada yang berpikir bahwa salad merupakan makanan bule. Menurut Wikipedia, Salad adalah jenis makanan yang terdiri dari campuran sayur-sayuran dan bahan-bahan makanan siap santap. Sedangkan menurut The Dictionary of American Food and Drink, salad didefinisikan sebagai makanan yang berupa sayur-sayuran hijau yang disiram dengan berbagai bumbu dan saus, kemudian ditambahkan dengan sayuran atau buah-buahan lain. Menurut sejarah, salad telah dikonsumsi orang Romawi dan Yunani Kuno. Kata salad berasal dari Bahasa Latin “sal” yang berarti “garam”. Garam pada saat itu adalah bumbu yang penting untuk memberi rasa bagi makanan. Kata “sal” diserap ke dalam Bahasa Perancis kuno menjadi salade dan di akhir abad ke-14 diserap dalam Bahasa Inggris menjadi salad atau sallet.Sadar atau tidak, Indonesia kaya akan salad buah dan sayuran dengan beraneka bumbu. Beberapa salad di Indonesia versi saya antara lain :

1. Gado – gado

sumber awahasyim.wordpress.com
sumber  : awahasyim.wordpress.com

Makanan yang terdiri dari bermacam macam sayuran segar yang direbus dan mentah, ditambah irisan tahu dan tempe ada juga yang menambahkan mie goreng maupun capcay tepung, telur rebus yang kemudian disiram bumbu kacang yang tasty abis lalu dimakan dengan kerupung udang yang kecil – kecil. Makanan ini bisa kita jumpai di seluruh pulau jawa.

2. Pecel

sumber : pulaukelapa.webs.com
sumber : pulaukelapa.webs.com

Hampir sama dengan gado – gado hanya saja pecel terdiri dari sayuran yang direbus yang kemudian disiram bumbu kacang, ada beberapa yang menambahkan daun kemangi. Mentimun dan kerupuk sebagai pelengakap. Bisa dijumpai di seluruh daratan pulau jawa.

3. Lotek

sumber : resepmasakbunda.com
sumber : resepmasakbunda.com

Hampir mirip dengan pecel, hanya saja untuk lotek biasanya ditambah irisan tomat dan ketupat. Makanan ini berasal dari daerah Yogyakarta. Tapi bisa dijumpai di daratan pulau jawa.

4. Urap / terancam

sumber : kitabmasakan.com
sumber : kitabmasakan.com

Sebenarnya antara urap dan terancam ada bedanya. Tapi saya jadikan satu karena bumbunya sama yaitu dari parutan kelapa yang muda tapi dagingnya bukan yang lembek seperti kelapa muda yang dijadikan minuman, yang dicampur dengan ulegkan cabai merah,garam,gula jawa, bawang putih, kencur dan daun jeruk. Untuk urap biasanya  sayurannya direbus dulu. Bisa terdiri dari bayam, tauge, jantung pisang, atau sesuai pilihan. Kalau di daerah klaten bumbu kelapanya tidak pakai cabai tapi kemudian disiram dengan lethog, yaitu kuah yang terbuat dari tempe agak busuk yang dihaluskan dengan bumbu bumbu.

Sedangkan terancam biasanya sayurnya mentah, seperti kol muda yang diiris tipis, wortel, mentimun, kemangi, daun keningkir. Semuanya mentah, kemudian dicampur dengan bumbu urap yang pedas. Makanan ini bisa dijumpai di hampir seluruh Indonesia.

5. Selat solo

sumber : food.detik.com
sumber : food.detik.com

Nah kalo selat yang satu ini terdiri dari berbagai sayuran seperti wortel dan buncis rebus, potongan daun selada, keripik kentang/ kentang goreng, potongan daging berbumbu dan disiram dengan kuah yang kaya rempah dan berwarna coklat bening, ditambah mayonaise buatan sendiri dari kuning telur. Seperti namanya, selat ini berasal dari solo.

6. Rujak cingur

sumber : food.detik.com
sumber : food.detik.com

Kalau makanan ini berasal dari daerah jawa timur terdiri dari potongan sayuran rebus,lontong dan buah buahan seperti bengkoang, manga muda, nanas, mentimun dan irisan cingur atau moncong sapi yang disiram dengan bumbu kacang seperti bumbu pecel. Tapi ada juga yang tanpa buah – buahan.

7. Plecing

sumber : lombok.panduanwisata.com
sumber : lombok.panduanwisata.com

Makanan ini ada 2 versi setahu saya, Yang pertama plecing dari daerah jawa tengah. Sayuran yang direbus utamanya terdiri dari krokot (sayuran yang tumbuh di sawah, berwarna coklat, rasanya agak masam), semanggi, daun ketela rambat. Yang kemudian disiram dengan bumbu yang terdiri dari ulegkan kasar cabai, bawang putih bawang merah yang digoreng terlebih dahulu ditambah gula jawa,garam dan air asam.

Sedangkan versi yang kedua adalah plecing dari pulau Lombok yang terdiri dari rebusan kangkung dan tauge ditambah kacang goreng yang disiram dengan sambal tomat khas Lombok yang terdiri dari tomat, cabai merah, bawang putih, bawang merah yang direbus dulu kemudian diuleg dengan ditambah garam, terasi dan potongan jeruk pecel/limau. Bau terasi dan segarnya jeruk itu loh..sukaaaa bangettt

8. Asinan Bogor

kmk312inkadesvira.wordpress.com
sumber : kmk312inkadesvira.wordpress.com

Asinan bogor sebetulnya merupakan hasil percampuran budaya yang diunduh dari kultur kuliner Tionghoa yang sudah ratusan tahun bermukim di daerah tersebut. Ada tiga jenis asinan bogor, yaitu asinan buah, asinan sayur, serta asinan campuran buah dan sayur. Rasa segar lebih terasa jika asinan sayur ini lebih dulu disimpan sejenak di dalam kulkas.

Dari sisi gizi, nilai gizi yang didapat dari asinan ini sangat baik karena terdiri atas beragam bahan pangan. Dibandingkan dengan sayuran yang dimasak, nilai nutrisinya lebih terjaga utuh pada asinan. Potensi kandungan bakteri pada asinan juga lebih rendah karena cuka dan cabai yang digunakan untuk bumbu memiliki sifat antimikroba.

9. Karedok

eemoo-esprit.blogspot.com
sumber : eemoo-esprit.blogspot.com

Kalau yang ini bumbu kacangnya hampir mirip pecel, hanya saja makanan dari daerah sunda ini terdiri dari sayuran kacang panjang, kemangi, terung lalap, kol, timun, dan taoge. Kacang panjang dan kol dirajang halus, kemangi dipetik daunnya saja, timun dan terung dipotong dadu kecil-kecil, sedangkan taoge dibiarkan utuh.

10.  Tahu acar / tahu kupat

sumber : ervitanm.blogspot.com
sumber : ervitanm.blogspot.com

Kalau yang satu ini sering banget bikin di rumah, tahu acar terdiri dari tahu putih yang dipotong dadu kecil kemudian digoreng, kol yang diiris tipis, mentimun, irisan tomat, bawang merah mentah, tauge yang direbus, mie telor, irisan bakwan sayur,yang disiram kuah yang terdiri dari bawang putih,gula pasir dan garam yang diuleg lalu ditambah air hangat, cuka dan kecap manis dengan pelengkap ketupat yang diiris dan kerupuk udang kecil kecil. Ditaburi bawang goring dan seledri.

11. Rujak buah / lotis

sumber : cahosing.blogspot.com
sumber : cahosing.blogspot.com

Terdiri dari berbagai buah – buahan seperti papaya, mentimun, bengkoang, nanas, kedondong, dan buah lain sesuai selera yang ditambahkan kuah yang terdiri dari ulegan cabai,gula jawa,kencur,terasi,garam dan kacang, kalau di daerah jogja biasanya pada bumbu ditambah irisan pisang klutuk yang masih muda. Bedanya antara rujak dan lotis adalah kalau rujak buah buahannya diserut kasar, kuahnya lebih bening dan banyak serta langsung dicampur dengan buah. Sedangkan lotis buahnya diiris dan makannya dengan cara mencocolkan buah pada sambal kacang yang kental.

12. Rujak kuah pindang

sumber : bali.panduanwisata.com
sumber : bali.panduanwisata.com

Makanan dari daerah bali ini terdiri dari papaya, mentimun, bengkoang, manga muda,nanas yang diserut kasar ditambah kuah pindang yang gurih..umm ngebayangin nya jadi ngilerr. Tapi beberapa orang ada yang ga doyan karena berasa aneh makan buah dengan kuah pindang yang dirasa agak amis.

13. Rujak bulung

nutrisiuntukbangsa.org
sumber : nutrisiuntukbangsa.org

Kuliner pulau Bali ini menyajikan sesuatu yang berbeda yaitu rujak dari rumput laut yang ditambah parutan kelapa muda diatasnya ditambah dengan kuah pindang dan ulegkan cabai dan terasi, plus segarnya perasan air jeruk limau dan taburan kacang goring. Kala lagi maen ke bali biasanya saya berburu rujak kuah pindang dan rujak bulung dengan saudara maupun sahabat saya. Tapi selalu saja diejekin karena saya ga doyan pedas, jadi saya bilang cabainya ½ buah saja pada penjualnya. Padahal biasanya mereka pakai cabai minimal 3buah. Busetttttt bisa mencret 3 hari 3 malam tuh kalo saya yang makan.hahaha

14. Rujak pengantin

sumber : ilaresep.blogspot.com
sumber : ilaresep.blogspot.com

Rujak pengantin merupakan variasi lengkap dari asinan betawi. Saus yang digunakan sama, yaitu saus kacang yang encer. Bedanya, kerupuk yang dipakai lebih bervariasi.

Berbeda dengan asinan betawi, bahan-bahan pada rujak pengantin tidak direndam di dalam air cuka, kecuali sawi asin. Saat hendak dihidangkan, bahan-bahan ditata di atas piring, kemudian disiram dengan saus kacang, dan di atasnya ditaburi kerupuk.

15. Sop buah

sumber : resepmasakan.blogspot.com
sumber : resepmasakan.blogspot.com

Panas yang terik sambil makan sop buah..uhh..nyesss banget lah, es yang terdiri dari bermacam macam buah segar seperti melon, semangka, apel, nanas, kurma, strawberi yang disiram dengan air gula dan susu kental manis ditambah potongan es batu.

 

Wah kaya sekali ya kuliner Indonesia ini. Makan sehat, Hidup sehat

4 thoughts on “15 salad ala Indonesia

    1. terimakasih🙂 kalau boleh tau rujak aceh dan tahu goreng medan itu seperti apa ya? kalau ketoprak dan taoge goreng baru – baru ini saya mencoba

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s