berbagai kasus pencemaran limbah di dunia

No

Tragedi

Penyebab

Jenis toksikan

Akibat

1

Bopal

Ledakan besar di pabrik pestisida union carbide milik amerika yang terletak di kota bhopal, penyebab terjadinya ledakan adalah dimasukkannya air ke dalam tangki-tangki berisi mic. Reaksi yang kemudian terjadi menghasilkan banyak gas beracun dan memaksa pengeluaran tekanan secara darurat. Gasnya keluar sementara penggosok kimia yang seharusnya menetralisir gas tersebut sedang dimatikan untuk perbaikan. Penyelidikan yang dilakukan menyatakan bahwa beberapa langkah keselamatan lainnya tidak dijalankan dan standar operasi di pabrik tersebut tidak sesuai dengan standar di pabrik union carbide lainnya. Selain itu, ada kemungkinan langkah-langkah keselamatan tersebut dibiarkan sebagai bagian dari “prosedur penghematan” yang dilakukan perusahaan tersebut di pabrik itu.

Methyl isocyanate

Bahan kimia yang sangat berbahaya bila masuk dalam saluran pernapasan, mula-mula perasaan tercekik di kerong-kongan, mata pedih sangat silau dan terasa seperti dibakar, mual dan muntah-kering kemudian muntah darah.

2

Seveso, itali utara,

Keran pengaman pabrik kimia chemiche meda societa anonimaanak perusahaan hoffmann laroche basel swiss, meledak menghamburkan gas dioxin ke udara.

Gas dioxin

Gas dioxin diketahui 150 kali berbahaya bila dibandingkan dengan gas cyanide yang bisa mangakibatkan cacat kelahiran.

3

Kasus love canal (amerika serikat)

Pada tahun 1930-an, hooker chemical and plastic corporation yang memproduksi bahan kimia di daerah tersebut mulai mengurug limbahnya pada bagian utara love canal yang belum terselesaikan. Sampai tahun 1947 dapat dikatakan daerah tersebut menjadi lahan pengurugan beragam jenis limbah terutama dari industri, termasuk pula abu sisa pembakaran dari kota. Bahkan angkatan darat amerika serikat juga mengurug sejumlah besar residu senjata biologis walaupun secara resmi fihak pentagon menolak tuduhan tersebut. 

Berbagai limbah kimia, seperti fosfor,senyawa halogen,dll

 iritasi, sakit kepala, cepat lelah, susah tidurkerusakan hati yang meningkat. Kelahiran cacat fisik dan mental juga sering dijumpai. 

4

Tragedi teluk buyat

Limbah pt newmont minahasa raya. Yang dibuang ke teluk buyat

Logam berat arsen dan merkuri

Penyakit minamata,

Gejalanya sakit kepala, kram, serta timbul benjolan yang makin lama makin besar di beberapa bagian tubuh.

5

Teluk meksiko

Ledakan pengeboran minyak deepwater horizon,

Tumpahan minyak bumi

Merusak ekosistem laut

6

Selat timor

Sumur minyak montara yang bersumber dari ladang montara (the montara well head platform) di blok “west atlas laut timor” perairan australia bocor dan menumpahkan minyak jenis light crude oil.

Light crude oil.

Rusaknya ekosistem laut sehingga kerugian pada mata pencaharian dari sedikitnya 18,000 nelayan,

7

Inggris

Pencemaran besar-besaran dari pembakaran batu bara.

2.000 ton karbon dioksida, 140 ton asam klorida dan 14 ton senyawa fluor, 800 ton asam sulfat dibentuk dari sulfur dioksida

Batuk, sesak nafas (pneumonia) yang dapat berakhir dengan kematian, tambahnya.

Selain itu asap juga mengiritasi mata dan kulit, mengganggu pernafasan penderita penyakit paru kronik seperti asma dan bronchitis alergika.

Sedang gan co pada asap dapat juga menimbulkan sesak nafas, sakit kepala, lesu, dan tidak bergairah serta ada perasaan mual.

Dampak jangka panjang bahan-bahan mengiritasi saluran pernafasan dapat menimbulkan bronchitis kronis, emfisema, asma, kanker paru, serta pneumokoniosis.

8

Bencana sandoz

Gudang yang terletak di pinggiran kota basel, swiss, ini terbakar. Padahal, di dalam gudang itu tersimpan 1.246 ton bahan kimia, sebagian besar pestisida, termasuk 12 ton herbisida yang bahan aktifnya ethoxyethylmercury-hydroxide, yang kandungan merkurinya sekitar 15 persen.

Ethoxyethylmercury-hydroxide, merkuri

Pencemaran sungai rhine karena limpasan dari sandoz chemical plant api di basel, swiss, setengah juta ikan mati, beberapa persediaan air kota terkontaminasi, dan rhine’s ekosistem ini rusak parah

9

Bencana toyama

Pertambangan di prefektur toyama.

Kadmium

Penyakit itai-itai (ouch ouch sickness), pelunakan tulang dan gagal ginjal.

10

Bencana meusey valley

Produk beracun dalam gas limbah dari pabrik-pabrik di meuse valley yang menyebabkan perubahan iklim.

Sulfur dioksida (so2) dan senyawa gas fluorin

Dalam kasus-kasus fatal yang akut insufisiensi sirkulasi ditetapkan dalam, dengan denyut nadi cepat dan miskin, wajah pucat – lebih jarang cyanotic – dan merupakan perluasan dari dulness jantung. Stethoscopy dari paru-paru memberikan tanda-tanda bronkitis, tetapi bukan pneumonia . Gejala lain ada catatan perubahan dalam nada suara, meningkat menjadi serak, mual, kadang-kadang muntah, dan lachrymation. Efek so2 terhadap vegetasi dikenal dapat menimbulkan pemucatan pada bagian antara tulang atau tepi daun. Emisi oleh fluor (f), sulfur dioksida (so2) dan ozon (o3) mengakibatkan gangguan proses asimilasi pada tumbuhan. Pada tanaman sayuran yang terkena/mengandung pencemar pb yang pada akhirnya me-miliki potensi bahaya kesehatan masyarakat apabila tanaman sa-yuran tersebut di konsumsi oleh manusia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s