mandi setelah olahraga

                Bagi yang mempunyai hobi berolahraga, mandi setelah olahraga memang membuat badan terasa segar. Akan tetapi baiknya selang berapa lama ? kalo menurut saya baiknya sih setelah keringat kering dan  suhu badan kembali ke suhu semula sebelum olahraga. Sekitar 20 menit lah. Tergantung jumlah keringat yang anda produksi..hihihi

Baiknya pakai air dingin atau atau air hangat ya? Ada 2 pendapat mengenai hal tersebut. Here they are :

  1. Setelah keringat kering, mandilah menggunakan air hangat selama 3-4 menit lalu air dingin selama 1 menit. Air hangat akan mendorong pembuluh darah untuk meluas dan air dingin untuk menyempitkan kembali.
  2. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa mandi dengan air dingin dianggap dapat mengurangi nyeri otot usai berolahraga. Temuan ini turut membantah beberapa pendapat ilmuwan yang mengatakan mandi air dingin justru menegangkan otot-otot tubuh dan dianggap berbahaya.

Untuk membuktikannya, peneliti meninjau secara klinis 17 uji coba mandi dengan air dingin yang melibatkan 366 orang. Dalam penelitian, peneliti mengamati apakah mandi dengan air dingin dapat mengistirahatkan otot atau justru sebaliknya.

Dalam penelitian tersebut, peserta diminta untuk mandi atau berendam di dalam bak air dingin setelah mereka diminta untuk melakukan olahraga. Rata-rata peserta menghabiskan lima sampai 24 menit dalam air bersuhu 50-54 derajat fahrenheit. Namun dalam beberapa kasus, partisipan diminta untuk masuk dan keluar dari air pada waktu yang ditentukan.

“Kami menemukan beberapa bukti bahwa mandi dengan air dingin setelah berolahraga dapat mengurangi rasa nyeri otot, tapi hanya dibandingkan dengan mengistirahatkan otot saja atau tidak melakukan apa-apa,” papar pimpinan penelitian, Dr Chris Bleakley dari University of Ulster, dilansir melalui BBC, Rabu (6/2/2013).

Meskipun begitu, peneliti masih belum menemukan efek samping jika seseorang mandi air dingin terus menerus dalam jangka waktu panjang.

“Sangat penting untuk mempertimbangkan bahwa berendam di air dingin dapat mengejutkan suhu tubuh. Kami perlu memastikan bahwa orang tidak melakukan hal yang berbahaya, terutama jika mereka terekspos air yang sangat dingin dalam waktu lama,” tambahnya

             Tentunya jika anda ingin mandi dengan air dingin, siram dulu bagian bawah tubuh anda sebelah kanan.jadi urutannya kaki kanan – kaki kirinaik ke pundak kanan lalu pundak kiri dan terakhir kepala. Tapi ingat ya dari bawah ke atas. Hal in bertujuan agar panas tubuh menguap keatas dan keluar dari dalam tubuh melalui ubun – ubun. Merinding dikit gapapalah. Itu berarti ada panas tubuh yang keluar dari tubuh anda.

Ayo Olahraga Ayo Mandi !

Sumber : http://www.108csr.com/default/do-you-know/2013/02/06/3403/Manfaat-Mandi-Air-Dingin-Setelah-Olahraga

http://menggelikan.blogspot.com/2012/10/tips-setelah-berolahraga.html

Gambar

 

paber.wordpress.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s