Pendidikan = Bisnis

Ilmu pengetahuan merupakan sebuah kunci untuk menghadapi dunia ini. Namun apa jadinya jika dunia pendidikan dijadikan sebagai sebuah bisnis. Ironis memang, tapi beginilah gambaran pendidikan di Indonesia saat ini. Bayangkan saja biaya untuk masuk ke taman kanak kanak kini sudah mencapai jutaaan. Pemerintah yang giat mengembar gemborkan wajib pendidikan 9 tahun seolah disibukkan dengan masalah masalah lain. Bagaimana Indonesia mau maju dan mengejar ketertinggalannya jika tidak ada sinergi kerjasama untuk memajukan kehidupan pendidikan di Indonesia.

Masalah pendidikan tidak sepenuhnya menjadi urusan pemerintah, namun kita sendiri sebagai generasi penerus bangsa pun ikut ambil bagian di dalamnya. Terkadang saya merasa miris dan prihatin dengan sikap para pemuda di jaman sekarang, yang hidupnya serba instan, semua kebutuhan terpenuhi hanya dengan cukup merengek kepada orang tua, namun tidak berusaha semaksimal mungkin mengelola potensi dan fasilitas yang ada. Mereka lebih suka kelayapan di mall daripada berkutat dengan ilmu pengetahuan, menyia – nyiakan kesempatan belajar di kelas dan lebih memilih untuk membolos, sedangkan sebagian anak lain yang memiliki keinginan tinggi untuk menuntut ilmu, mereka yang sadar akan pentingnya pendidikan untuk masa depan mereka. Mereka tidak punya biaya dan akses untuk mewujudkan mimpi mereka.

Perlu kesinergian antara pemerintah dengan kaum muda dalam menciptakan pendidikan yang berkualitas di Indonesia. Percuma jika pemerintah banyak menggelontorkan uang untuk pendidikan Indonesia namun kita sebagai generasi muda tidak mengerti akan pentingnya pendidikan tersebut,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s